Cara Membuat Daftar Isi pada Ms Word

Cara Membuat Daftar Isi pada Ms Word - Daftar isi sering digunakan dalam microsoft word, yang sering ada dalam makalah, skripsi, jurnal, buku, novel, proposal, dan tugas lainnya yang memang harus mencantumkan daftar isi di dalamnya.

Cara membuat daftar isi di microsoft word sebenarnya bisa di lakukan dengan cara otomatis karena ms word sendiri sudah menyediakan fitur tersebut.

Tapi untuk artikel kali ini saya akan berbagi cara membuat daftar isi pada ms word dengan cara manual. Sebetulnya dengan cara manual hasilnya kurang memuaskan dikarenakan perataan teks kurang rata sehingga hasilnya pun jauh dari kata sempurna.

Baca Juga : Cara memperbaiki file word yang corrupt atau rusak

Maka dari itu untuk artikel kali ini saya akan mencoba berbagi cara membuat daftar isi pada ms word dengan cara yang sangat sederhana tetapi hasilnya cukup baik tidak kalah dengan fitur daftar isi otomatis ms word.

Membuat Daftar Isi pada Ms Word


1. Silahkan ketikkan kalimat daftar isi seperti biasanya "sesuai kebutuhan" misal seperti ini

DAFTAR ISI
LEMBARAN JUDUL
LEMBARAN PENGESAHAN SKRIPSI 
LEMBARAN PERSETUJUAN UJIAN 
ABSTRAK     
KATA PENGANTAR 
DAFTAR ISI 
DAFTAR GAMBAR

BAB I   : PENDAHULUAN
  Latar Belakang Masalah
  Identifikasi dan Batasan Masalah
  Perumusan Masalah
  Tujuan dan Manfaat Penelitian 

BAB II : URAIAN TEORITIS
  Defenisi Laporan Praktikum
  Tujuan dan Manfaat Praktikum
 


2. Pilih semua teks dengan cara di blok kecuali judul "Daftar Isi", kemudian pada tab menu  Home,  klik icon menu  Paragraph,  Kemudian akan muncul kotak dialog kecil, klik tombol Tabs pada kotak tersebut.

Cara-Membuat-Daftar-Isi-pada-Ms-Word

3. Pada kotak kecil dialog tabs, isikan tab stop posisition : 2 cm, Aligment : Left, Leader : None, kemudian klik tombol Set.

Cara-Membuat-Daftar-Isi-pada-Ms-Word

4. Untuk membuat tabs/perataan yang ke 2, isikan Tab stop posisition : 15 cm, Aligment: Right, Leader: pilih yang no 2, selanjutnya klik tombol Set.

Kemudian klik tombol OK, perhatikan perbedaanya (Gambar No.3 dan Gambar No. 4).

Cara-Membuat-Daftar-Isi-pada-Ms-Word

5. Langkah selanjutnya adalah meletakan kursor di awal baris di bawah "BAB I PENDAHULUAN"  tekan tombol Tab sekali pada keyboard kemudian setelah teks juga klik tombol Tab sekali untuk memunculkan tanda titik-titik (....) Lakukan cara yang sama untuk meratakan teks lainnya. Agar lebih jelas bisa di lihat pada gamabar dibawah.

Cara-Membuat-Daftar-Isi-pada-Ms-Word

6. Sampai disini tahap pembuatan daftar isi pada ms word sudah selesai, Anda tinggal save document tersebut.

Nah, itu dia cara membuat daftar isi manual pada ms word, mudah bukan? Selamat mempraktikan dan semoga artikel mengenai cara membuat daftar isi pada ms word ini dapat membantu Anda. Jika artikel ini bermanfaat mohon bantu share ya, terimakasih sudah mampir diblog sederhana ini

Post a Comment

Previous Post Next Post