Standar Susunan Kabel Jaringan Straight Dan Crossover

Standar Susunan Kabel Jaringan Straight Dan Crossover - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel tentang cara membangun kabel jaringan straight dan crossover. Ketika kita hendak berselancar mencari informasi, sharing data itu diperlukan sebuah media yang dapat memfasilitasi yaitu sebuah jaringan. Jaringan komputer tidak terlepas dari namanya sebuah Kabel, Kabel jaringan terdiri dari dua jenis pertama Straight dan kedua Cross.

Kabel jaringan Straight dan cross memiliki perbedaan penyusunan kabel. Sedangkan perbedaan fungsi dari kabel ini yaitu jika kabel cross digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama. Misalnya saja PC dengan PC, HUB dengan HUB, Router dengan Router, dan lain sebagainya.

Susunan-Kabel-Jaringan-Stright-Dan-Cross

Sedangkan untuk fungsi kabel Stright yaitu untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda, misalnya saja PC dengan HUB, HUB dengan Switch, dan lain sebagainya. Konektor yang digunakan dari kedua jaringan ini sama yaitu konektor RJ-45.

Susunan Kabel Jaringan Straight Dan Crossover


Bagaimana cara membuat kabel jaringan? Disini saya akan berbagi informasi mengenai susunan kabel Stright dan Cross, hal ini telah saya pelajari pada saat masih duduk dibangku sekolah kejuruan (SMK).

#1. Susunan kabel Straight


Untuk sususan kabel Straight urutannya sama di kedua sisi, berikut sususan kabel Stright :

UJUNG KABEL 1 UJUNG KABEL 2
Putih Orange Putih Orange
Orange Orange
Putih Hijau Putih Hijau
Biru Biru
Putih Biru Putih Biru
Hijau Hijau
Putih Coklat Putih Coklat
Coklat Coklat

Susunan-Kabel-Jaringan-Stright

#2. Susunan kabel Cross


Berikut susuan kabel Cross :

UJUNG KABEL 1 UJUNG KABEL 2
Putih Orange Putih Hijau
Orange Hijau
Putih Hijau Putih Orange
Biru Biru
Putih Biru Putih Biru
Hijau Orange
Putih Coklat Putih Coklat
Coklat Coklat

Susunan-Kabel-Jaringan-Cross

Seperti itulah susunan kabel Stright dan kabel Cross, semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadi pengetahuan apalagi khusus kalian yang sedang belajar dunia jaringan. Terimakasih sudah mau berkunjung dan jangan lupa share ya.

Post a Comment

Previous Post Next Post